Friday, June 29, 2018

Kolam Renang Bebas Kaporit Dengan Salt Chlorinator - Apakah Benar?

Kolam Renang Bebas Kaporit Dengan Salt Chlorinator - Mitos Atau Fakta? Mengapa judulnya seperti ini? Hal ini pernah dibahas pada artikel 5 tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan munculnya pertanyaan dari beberapa klien kami dan juga informasi yang beredar secara umum di luar yang menurut kami kurang tepat.

Sebelum kita mulai, kita perlu mengetahui dahulu apa itu Kaporit. Kaporit merupakan singkatan dari kalsium hipoklorit yang merupakan salah satu senyawa dari unsur Klorin [Cl]. Klorin sendiri memiliki berbagai fungsi dan salah satunya adalah untuk menjernihkan air.

Pada pengunaan untuk kolam renang, klorin yang umum dipakai berasal dari Kalsium Hipoklorit, Natrium Hipoklorit atau Trichlor. Saat dimasukan ke kolam renang, biasanya Klorin tersebut akan bereaksi dengan air dan membentuk zat Hypochlorous acid [HClO] dan Hypochlorite ion [ClO-] yang berfungsi sebagai desinfektan.

Salt Chlorinator merupakan alat pengurai garam. Kolam renang yang menggunakan alat tersebut harus memiliki kandungan garam yang biasanya dimasukan ke dalam kolam renang secara berkala. Alat Salt Chlorinator itu sendiri berfungsi dengan mengurai garam yang terkandung di dalam air kolam renang menjadi Klorin dalam bentuk Hypochlorous acid [HClO] dan Hypochlorite ion [ClO-] juga. 

Jadi bisa kita simpulkan, menggunakan Kaporit (Kalsium Hipoklorit) atau Salt Chlorinator akan sama-sama menghasilkan Hypochlorous acid [HClO] dan Hypochlorite ion [ClO-] yang keduanya merupakan senyawa dari Klorin [Cl].

Untuk melihat pembahasan secara detail dan lengkap dengan sumber referensi dapat anda lihat pada artikel Kolam renang bebas kaporit dengan salt chlorinator - apakah benar? di website Esparindo.


Oleh karena itu menurut kami, pernyataan kolam renang bebas kaporit dengan salt chlorinator agak ambigu dalam arti memang benar kolam renang tersebut tidak menggunakan kaporit (kalsium hipoklorit yang merupakan salah satu senyawa yang dibentuk oleh unsur klorin [Cl]). Akan tetapi kolam renang  dengan salt chlorinator tetap menggunakan unsur Klorin yang merupakan bahan kimia berbahaya.

Jadi hal ini kembali lagi ke tujuan anda. Pertama, apakah anda memang tidak masalah menggunakan klorin pada kolam renang dan tidak mau repot membeli kaporit dan menyimpannya. Kedua, anda memang tidak menyukai menggunakan bahan kimia dengan unsur atau senyawa klorin.

Apabila jawaban anda yang pertama, anda dapat menggunakan salt chlorinator Autopilot dari USA. Apabila jawaban anda yang kedua, anda dapat menggunakan teknologi yang membuat kolam renang bebas klorin dengan UVion dari Jerman.

1 comment:

  1. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    dewa poker

    poker88

    ReplyDelete

UA-42274200-3